Salam Fantastic !
Sudahkah orang-orang sales perusahaan Anda didaftarkan dalam Public Seminar James Gwee , 30 Januari 2013, “ Triple Your Sales – Excel in The 8 Critical Stages of The Sales Cycle” ?
Berikut ini, kami kirimkan artikel yang akan menjadi pelajaran dalam seminar tersebut.
Pada artikel sebelumnya kita secara khusus telah mendiskusikan tentang tahap pertama dari sales process yakni mencari petunjuk (Getting Leads). Pada artikel ini kita akan mendiskusikan tahap berikut dari sales process secara detil:
Tahap 2. Menelepon untuk membuat janji
Sales process yang sebenarnya dimulai dari bagaimana Anda menelepon prospek Anda untuk membuat janji bertemu. Ada beberapa skenario yang mungkin terjadi: (a) menelepon dan berbicara langsung dengan prospek Anda atau (b) melalui proses screening terlebih dahulu dari sekretarisnya.
Skenario (a) Jika Anda benar-benar cukup beruntung dapat berbicara langsung dengan prospek pelanggan, Anda HARUS menarik perhatiannya SESEGERA MUNGKIN!
Sebelum melakukan hal itu, tujuan Anda untuk menelepon pun harus sangat jelas. Ada beberapa tujuan kita menelepon:
- Hanya menyapa (say “hi”) dan membangun relationship. Jadi Anda dapat melepon lagi sehari atau seminggu kemudian untuk membuat janji bertemu, atau untuk mendiskusikan penawaran Anda dengan lebih detil.
- Melakukan follow-up tentang apa yang sudah didiskusikan ketika Anda pertama kali bertemu dengannya beberapa hari lalu.
- Memperkenalkan diri Anda (sebab kalau kita tidak benar-benar menarik perhatian atau unik, kebanyakan orang akan lupa siapa-siapa saja yang pernah mereka temui).
- Mencari beberapa informasi awal agar dapat memutuskan apakah orang ini merupakan prospek yang bernilai bagi Anda.
- Mencari beberapa informasi awal agar Anda bisa tahu siapa sebenarnya pengambil keputusan dalam perusahaan ini dan pendekatan terbaik apa yang dapat dilakukan untuk berhubungan dengan orang tersebut.
- Mencari beberapa informasi awal untuk mencari tahu proses pengambilan keputusan di dalam perusahaan tersebut.
- Membuat janji untuk ketemu.
- Membuat prospek pelanggan Anda tertarik dengan produk dan jasa yang ditawarkan sehingga dia akhirnya ingin mengetahui lebih banyak (dan hal ini merupakan kesempatan bagi Anda untuk bertemu dia).
- Menjual produk Anda melalui telepon
Sekali Anda mengetahui dengan jelas tujuan Anda, siapkanlah sebuah PANDUAN (script) sehingga Anda terlihat profesional, percaya diri dan meyakinkan. Anda harus mempersiapkan jawaban-jawaban yang meyakinkan, menarik, dan kreatif untuk setiap alasan, keberatan dan upaya mengelak yang mungkin dilakukan oleh calon pelanggan. Panduan ini harus dapat menjawab dalam satu kalimat, pertanyaan dasar yang akan muncul: “Seberapa besar produk Anda memberi benefit kepada saya, jika saya meluangkan waktu dari jadwal yang begitu sibuk ini untuk bertemu Anda?”
Happy Selling !
ConversionConversion EmoticonEmoticon